Kamis, 02 Juni 2011

Apa Kabar Dunia

Apa Kabar Dunia


Reborn Baby: Siapa Sangka Kalau Ini Hanyalah Sebuah Boneka

Posted: 02 Jun 2011 02:00 AM PDT

Wuih, percaya engga kalau bayi diatas adalah sebuah boneka, mirip asli yah? Reborn Baby adalalah boneka bayi yang sangat mirip dengan bayi asli yang saat ini sedang populer di Inggris dan Amerika.




Reborn Babies benar-benar dibuat sangat detil mulai dari rambut, alis mata sampai bahkan ada air liurnya di bagian mulut. Sama seperti boneka lainnya, kita bisa memilih wajah bayi yang disukai dan bisa bongkar pasang pula.

Ternyata Reborn Baby ini dijual tidak hanya untuk yang suka koleksi boneka tetapi banyak juga pembeli yang membelinya karena pernah kehilangan anak sebelumnya.

Tujuannya tentu saja untuk mengurangi rasa sedih tetapi memang bisa juga sebaliknya sih dimana malah tidak hilang-hilang rasa sedih tersebut.

Kalau ingin melihat semua koleksinya, silahkan kunjungi website mereka di Reborn Baby untuk melihat bagaimana miripnya boneka bayi ini dengan aslinya.

Harganya sendiri tergantung tetapi ada yang beli dengan harga US$ 300 (sekitar Rp. 2,7 jutaan).










Sumber :
otakku.com

Penjelasan Ilmiah Air Mata Darah, Batu, Kerikil, Kristal, dan Serangga

Posted: 02 Jun 2011 12:00 AM PDT

Air yang menutupi mata manusia terdiri dari tiga lapisan. Lapisan terdalam adalah lapisan lendir bernama ocular mucus. Gel mucus ini menyelimuti permukaan epitel mata untuk melindungi mata terhadap cidera fisik maupun enzimatis, sama seperti lendir lain di organ tubuh lainnya di tubuh kita.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg42AtMPU8_diXUSW9JbgNF7Ad-rF-BCUFYpJe3q04ZF5xVwxW4ovGHFeSb-Ehyphenhyphenpfv1i5Bglp_ufowcnB9owdXvO-7ONWQT5seL0px8A_GXDeEnO4Aqj6D0JnqSIyd9z-h6B0X2cYIJAPEh/s1600/air+mata.jpg


Penyusun utama lendir ini adalah glikoprotein lendir, protein tipe plasma dan non-plasma, lemak, dan mungkin glikosaminoglikan.

Glikoprotein lendir (mucin) menyumbang besar pada sifat fisikokimia lendir. Telah ada sekitar 15 protein dalam sekresi lendir pada organ tubuh lainnya telah ditemukan, yang umumnya adalah albumin, IgA, IgG, laktoferin, dan lisozim, yang juga berperan penting pada fungsi protektif lendir tersebut.

Lapisan kedua adalah lapisan berair dan lapisan terluar adalah lapisan lemak yang disebut meibum. Sekresi berminyak meibum dibuat oleh kelenjar meibomian, sekelompok sel kecil berbentuk anggur yang berbaris di pinggir kelopak mata atas dan bawah kita, tepat di balik bulu mata.

Produksi berlebih air di mata menghasilkan air mata. Peristiwa yang sadar kita sebut menangis, sementara keluarnya air mata secara tidak sadar dapat bertanda penyakit tertentu.


Air Mata Darah

Air mata darah adalah fenomena lumrah dari sudut pandang medis. Ia disebabkan oleh blepharitis kronis yaitu pendarahan di kelopak mata. Darah yang keluar dari kelopak mata bercampur dengan air mata yang bening sehingga menjadi air mata darah.

Efek air mata darah dapat lebih dramatis jika penderita blepharitis kronis juga menderita keratoconjunctivitis sicca yaitu mata kering. Penderita keratoconjunctivitis sicca memiliki air mata yang begitu cepat menguap karena rendahnya kandungan protein tertentu di ocular mucus. Jika seperti ini, air mata dapat digantikan darah yang keluar akibat blepharitis kronis.


Air Mata Batu dan Kerikil

Protein yang ada di air mata sangat heterogen, setidaknya ada 60 komponen protein. Belum diketahui apakah ada komponen yang bisa mengeras dan menjadi mirip batu atau kerikil ketika keluar dari mata. Terlebih lagi, mata dapat mengeluarkan cairan berlebih ketika terkena zat keras, yang kita sebut kelilipan.

Mungkin reaksi antara lapisan meibum atau mucus dengan zat keras ini membuat efek mirip batu atau kerikil, mirip seperti kotoran yang mengeras pada hidung Anda.


Air Mata Susu

Karena ada 60 komponen protein di air mata, kemungkinan ada komponen protein yang mirip susu dan mengakibatkan air mata berwarna putih mirip susu. Sebagai contoh, penderita catarrhal conjunctivis memproduksi serum albumin dan transferrin berlebih di air matanya. Kedua protein ini berwarna mirip susu.


Air Mata Kristal

Adanya kristal di air mata bukanlah hal baru. Hal ini telah dipelajari setidaknya pada tahun 1981. Air mata manusia memiliki dua tipe protein, yaitu tipe protein biasa dan tipe protein Charcot-Leyden yang berbentuk kristal.

Orang yang mengeluarkan air mata yang mengandung kristal disebabkan oleh penyakit vernal keratoconjunctivitis.

Dalam penderita penyakit ini, protein kristal terbentuk secara berlebih dibandingkan penderita penyakit lainnya atau manusia sehat. Semakin banyaknya protein kristal, semakin parah penyakitnya.


Air Mata Serangga

Serangga adalah objek luar. Ia lebih mirip kelilipan. Pernyataan kalau mata mengeluarkan serangga kemungkinan besar adalah karena kelilipan.


Kesimpulannya, fenomena unik pada air mata manusia telah lama dikaji lewat bidang Opthalmologi. Dan hal ini bukanlah menjadi misteri ilmiah.

Sumber :
faktailmiah.com

Joe Fenton, 10 Bulan Untuk Hasil Karya Menakjubkan

Posted: 01 Jun 2011 10:00 PM PDT

Karya seni detail seperti ini membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya, dan seorang seniman Amerika Joe Fenton membawanya ke tingkat yang baru ketika ia memutuskan untuk mendedikasikan 10 bulan hidupnya untuk sebuah gambar tunggal yang memiliki detail yang sangat rumit.


http://imgcrunch.com/wp-content/uploads/2011/05/Beautiful-art-021.jpg

Kebanyakan orang mungkin akan menyerah hanya setelah beberapa hari, tapi Joe menunjukkan kepercayaan yang cukup dan kesabaran untuk menyelesaikannya.

"Butuh keberanian untuk memulainya karena sebelumnya saya tidak pernah mengerjakannya dengan ukuran seperti ini," katanya kepada Modern Met.

"Seperti yang dapat Anda bayangkan, Anda harus menginvestasikan banyak waktu Anda untuk menyelesaikan sesuatu seperti ini. Aku hanya harus fokus pada proses penegerjaannya dan yakin bahwa itu akan berhasil!"

Joe Fenton menciptakan semua elemen pada skala yang lebih kecil dari biasanya, seperti sebuah puzzle raksasa dengan menelusuri semua gambar pada selembar kertas besar.

Meskipun ia bukanlah orang yang religius, untuk proyek ini ia ingin menyertakan referensi keagamaan seperti karakter Ganesha, seorang Buddha menyeringai, atau salib samar menghiasi atap di kejauhan." Dia menyelesaikan semua ini dengan akrilik dan cat.

http://jionger.com/attachments/110531/0795660036264091a20edead3db037b5.jpg

Sumber :
haxims.blogspot.com

Burung Ini Kuat Terbang 6.500 Km Nonstop

Posted: 01 Jun 2011 08:00 PM PDT

Burung Gallinagos media atau biasa disebut great sniper (dalam bahasa Inggris), sejenis burung blekek, ternyata mampu terbang mengarungi jarak 6.500 kilometer tanpa henti dengan kecepatan mencapai 97 km/jam. Fakta mengejutkan itu terungkap dalam publikasi peneliti di jurnal Royal Society Biology Letters.

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/05/29/1558135620X310.jpg

Fakta itu diketahui setelah ilmuwan memasang penanda elektronik pada tubuh burung. Dari observasi, ilmuwan mendapati bahwa burung blekek bisa terbang sejauh 6.170 km nonstop dari Eropa ke Afrika pada bulan Agustus, 7.153 km nonstop selama 3,5 hari pada periode terbang berikutnya, dan 4.620 km selama dua hari pada periode terbang lainnya.

Dr Raymond Klaassesn dari Lund University, Swedia, yang melakukan penelitian mengatakan, "Hasil studi kami menunjukkan bahwa beberapa burung migran memang mempersiapkan diri untuk terbang jauh walaupun tempat pemberhentian dan cadangan tersedia serta harus mengeluarkan energi dalam jumlah besar untuk terbang."

Sementara Grahame Madge dari Royal Society for Protection Bird mengatakan terkejut dengan hasil penelitian ini. "Blekek tak tampak seperti penerbang tangguh. Mereka seperti tak punya kemampuan menyimpan cadangan energi tinggi. Sangat mengejutkan mereka bisa terbang sebegitu jauh tanpa henti," ujarnya.

Burung blekek memiliki warna coklat dan biasanya singgah di wilayah Inggris saat musim gugur dan semi. Burung ini menghabiskan waktu musim panas di wilayah timur Eropa dan musim dingin di Afrika. Burung ini hanya seukuran merpati kecil, jadi wajar jika para ilmuwan pun kaget dengan kemampuan terbang burung ini.

Sayangnya, populasi burung kecil nan hebat ini terancam akibat perburuan. Kini, jumlahnya menurun dan semakin sedikit orang bisa menjumpainya. Dalam setahun, burung ini hanya dijumpai dua-tiga kali. Dengan kelebihannya, blekek menjadi salah satu burung dengan kemampuan terbang terhebat di dunia.

Sumber :
sains.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar